Home / Politik

Senin, 26 Desember 2022 - 12:09 WIB

Selangkah Lagi Jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Lolos Verifikasi Administrasi

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Denny Indrayana (kedua dari kanan) dan mantan Menteri Kehutanan MS Kaban (ketiga dari kanan) hadir dalam sidang mediasi Partai Ummat dengan KPU di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022). (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Denny Indrayana (kedua dari kanan) dan mantan Menteri Kehutanan MS Kaban (ketiga dari kanan) hadir dalam sidang mediasi Partai Ummat dengan KPU di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022). (Foto: Inilah.com/Harris Muda)

JAKARTA – Partai Ummat dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Dengan demikian partai besutan Amien Rais ini bakal lanjut ke tahap berikutnya, verifikasi faktual perbaikan.

Keputusan ini disampaikan oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Kholik. Menurutnya, KPU telah melakukan penarikan sampel keanggotaan Partai Ummat di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara.

“Iya (lolos verifikasi administrasi), jadi prosesnya begini, penarikan sampel keanggotaan parpol itu baru dapat dilakukan, apabila hasil verifikasi administrasi persyaratan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu dinyatakan memenuhi syarat,” ujarnya, di Jakarta, Senin (26/12/2022).

Untuk proses selanjutnya, Idham mengatakan KPU Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Utara akan melakukan verifikasi faktual perbaikan keanggotaan Partai Ummat yang akan dilakukan selama tiga hari.

Baca Juga:  Forkim Himbau Masyarakat Awasi Pengawas Pemilu Kota Bekasi

“Hari ini, 26-28 Desember 2022, KPU Kabupaten/Kota di dua provinsi tersebut (Provinsi NTT dan Sulut) mulai melakukan verifikasi faktual keanggotaan Partai Ummat berdasarkan data keanggotaan tersampel yang diberikan oleh KPU RI berdasarkan hasil penarikan sampel kemarin sore,” ujarnya.

Dengan kelolosan tersebut, asa bagi Partai Ummat untuk bisa berpartisipasi dalam gelaran Pemilu 2024, kembali tumbuh.

Pasalnya proses mediasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mencapai kata sepakat. Mediasi yang digelar di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pada Selasa (20/12/2022) ini, memutuskan untuk memberikan kesempatan perbaikan.

Baca Juga:  Bawaslu Tegur KPU Gegara Terlibat dalam Perdebatan Sistem Pencoblosan Pemilu 2024

“Putusan terjadinya kesepakatan penyelesaian sengketa proses Pemilu,” ujar Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa dan Hukum Totok Hariyono, membacakan hasil mediasi. Selasa (20/12/2022).

Adapun hal-hal yang disepakati antara lain, Partai Ummat bersedia memenuhi jumlah kekurangan syarat keanggotaan partai di 5 kabupaten di Provinsi NTT dan 10 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara.

“Pemohon bersedia dan sanggup untuk memenuhi jumlah kekurangan syarat keanggotaan partai pada sekurang-kurangnya 5 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan sekurang-kurangnya 10 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar anggota Bawaslu, Lolly Suhenty.

Share :

Baca Juga

Politik

Ngaku Siap Nyapres di TV, Sore Ini DPP PDI Perjuangan Panggil Ganjar

Politik

Bikin Bangga! Anies Jadi Anggota Dewan Pengarah Universitas Oxford Pertama Asal Indonesia

Politik

Gelar Reses III di Jatiasih, Aminah: Saya Siap Menerima Aspirasi Warga via WhatsApp

Politik

Golkar, PPP dan PAN Sepakat Hilangkan Politik Identitas di Pemilu 2024

Politik

50 Tahun Lika-liku Panjang PDI Perjuangan Genggam Kekuasaan

Politik

Anies-Puan Nonton Balap Formula E, Sinyal Awal Terbentuknya Poros Ancol

Politik

AS Dinilai Coreng Angkatan Muda Ka’bah, Cemong Langsung Ambil Sikap

Politik

Penunjukan Penjabat Kepala Daerah Dinilai Rusak Skema Politik Daerah