Home / Politik

Sabtu, 7 Januari 2023 - 19:39 WIB

Sosok Capres PDI Perjuangan Tidak Harus dari Trah Soekarno

Politikus PDIP Deddy Sitorus menegaskan PDIP tidak kaku dan berkutat pada persoalan trah dalam mengusung sosok capres untuk Pemilu 2024.

Politikus PDIP Deddy Sitorus menegaskan PDIP tidak kaku dan berkutat pada persoalan trah dalam mengusung sosok capres untuk Pemilu 2024.

Publik bertanya-tanya siapa sosok yang akan diusung PDI Perjuangan menjadi calon presiden (capres), banyak yang mengira nantinya Puan Maharani akan diusung, lantaran memiliki darah atau trah Presiden Soekarno.

Benarkah?

Politikus PDI Perjuangan Deddy Sitorus menegaskan bahwa PDI Perjuangan tidak kaku dan berkutat pada persoalan trah dalam mengusung sosok capres untuk Pemilu 2024.

Menurutnya, PDI Perjuangan akan mengusung capres yang dapat mewariskan nilai-nilai perjuangan Soekarno, tanpa melihat harus berasal dari trah Soekarno atau bukan.

“Itu fundamental buat kita, karena bagi kita apa yang menjadi cita-cita dari bung Karno itu kan satu tarikan napas dan hari ini yang menjadi ideologi dan platform program partai kita dan apa yang dikerjakan oleh pak Jokowi, sepuluh tahun ini setidaknya itu framework berpikir dari kerangka ideologi yang kita pegang teguh itu,” jelas Deddy secara virtual melalui YouTube MNC Trijaya FM bertajuk ‘Polemik 2023 Tahun Trubulensi Politik’ pada Sabtu (07/01/2023).

Deddy menekankan, PDI Perjuangan sudah dua kali mengusung sosok capres yang bukan dari trah Soekarno dan terbukti sudah dua kali juga berhasil mengantarkan sosok yang diusung tersebut ke tampuk tertinggi negeri ini.

Baca Juga:  KPUD Kota Bekasi Beberkan Prinsip Penetapan Dapil pada Pemilu Legislatif 2024

“(Capresnya) tidak (trah Soekarno). Buktinya pak Jokowi bukan trah Soekarno, tapi kan kita anak-anak ideologis bung Karno, karena partai kita punya sistem pengkaderan yang sudah ajeg dan terbukti melahirkan banyak potensi pemimpin di daerah dan di tingkat nasional,” tegasnya.

Baca Juga:  Pengadaan Mobil Pimpinan Dewan Lolos di Tengah Pandemi, Aktivis GmnI: Dimana Empati Ketua DPRD Kota Bekasi?

Dirinya pun berharap siapapun sosok yang akan diusung sebagai capres dari PDI Perjuangan, kelak dapat meneruskan berbagai program Jokowi ke depannya.

“Yang pasti kita ingin menang, yang pasti kita memastikan bangsa ini maju dan meneruskan apa yang sudah dibangun oleh pak Jokowi,” sambungnya.

Lalu terkait koalisi, PDI Perjuangan juga masih melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan partai lain.

“Kalau soal koalisi kan kita melihat bahwa kalau partai-partai lain kan sudah mulai melakukan penjajakan, kita juga tentu secara behind the door juga melakukan komunikasi,” ujar Deddy.

“Soal koalisi saya kira nanti pasti akan, sebelum semester pertama ini tentu akan banyak eskalasi komunikasi fraksi maupun silaturahmi yang akan terjadi,” tutupnya. (mar)

Share :

Baca Juga

Politik

Gegara Kinerjanya Lamban, Ketua Bapemperda Minta Plt Wali Kota Bekasi Beri Sanksi Biro Hukum

Politik

Ajak Perempuan Melek Politik, Partai Gelora Kota Bekasi Launching “PiPI”

Opini

Astrid Laena: Ade Puspitasari Sah Sebagai Ketua DPD Golkar Kota Bekasi 2020-2025

Politik

Nasdem Tolak Koalisi dengan Parpol Non Parlemen, Buka Peluang dengan PKB-PKS?

Politik

Masih Jadi Pejabat Publik, Capres PDI Perjuangan Belum Diumumkan dalam Waktu Dekat

Politik

Mantan Wakil Ketua Timses Jokowi Pimpin DPW Anies Yogyakarta

Politik

275 Anggota Bawaslu Dicatut Namanya Jadi Kader Parpol Peserta Pemilu 2024

Politik

Pro Jokowi Apresiasi Manuver KIB, Potret Politik Cerdas