Home / Nasional

Minggu, 15 Januari 2023 - 12:10 WIB

Etho Resmi Calonkan Diri Sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027

Erick Thohir Resmi Calonkan Diri Sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027.

Erick Thohir Resmi Calonkan Diri Sebagai Ketua Umum PSSI 2023-2027.

Menteri BUMN Erick Thohir (Etho) resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023 – 2027, Minggu (15/01/2023).

Etho tak sendirian saat menyerahkan berkas pendaftaran ke markas PSSI di GBK Arena, sekira pukul 10.45 WIB.

Direktur Utama Persis Solo, Kaesang Pangarep, Pemilik RANS Nusantara FC Raffi Ahmad, Atta Halilintar hingga Baim Wong, tampak mengawal kedatangan mantan Presiden Inter Milan tersebut.

“Banyak yang sering bilang ke saya, sepak bola kita jalan di tempat. Saya kurang sepakat, sepak bola kita juga berkembang, tapi perkembangan negara lain jauh lebih cepat. Ini yang ingin saya kejar,” ujar Etho kepada awak media.

Perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia, diharapkan dapat memberikan efek prestasi yang konsisten pada tim nasional saat melakoni laga-laga internasional.

“Kita punya sumber daya yang besar, infrastruktur yang kuat, masyarakat yang begitu gila bola. Tinggal bagaimana kita membangun harmoni seluruh elemen dalam membebani sepak bola dalam negeri, kuncinya cuma satu, nyali, berani apa tidak?” ungkapnya.

Etho menyoroti minimnya kompetisi sepak bola yang ada saat ini. Padahal, negara-negara tetangga memiliki jenjang kompetisi yang jauh lebih banyak, bahkan hingga memiliki roda kompetisi yang mempertemukan seluruh kontestan seperti Piala FA di Inggris.

“Kalau kita lihat, struktur liga kita terlalu sedikit, Piala Indonesia yang mempertemukan seluruh tim tidak berjalan, semakin banyak kompetisi, tentu memberikan lebih banyak kesempatan bermain bagi para pemain muda. Motivasi pemain dari Liga 3 saat bertemu tim Liga 1 tentu akan sangat berbeda, atmosfer ini harus seharusnya menjadi perhatian,” lanjutnya.

Etho juga ingin memperbaiki sistem jadwal kompetisi yang lebih sehat dengan mengacu pada jeda untuk laga uji coba dari FIFA. Dengan berpedoman pada jadwal FIFA, Etho menilai tim nasional bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan friendly match secara maksimal.

Baca Juga:  Usai Audiensi dengan Menpora, PSSI Isyaratkan Liga 2 Bakal Bergulir Lagi

“Saya percaya, kompetisi yang baik akan menghasilkan tim nasional yang baik. Perbaikan kompetisi hingga pembinaan usia muda menjadi keharusan kalau kita tidak ingin tertinggal,” tandasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Hasil Investigasi TGIPF Kanjuruhan Perkuat Indikasi Kekerasan Aparat Tewaskan 132 Orang

Nasional

Pencabutan Aturan PPKM Bikin Pengusaha Semringah

Nasional

Bamsoet Sebut Usulan PPHN Bakal Berdampak pada Visi dan Misi Capres

Nasional

Ridwan Kamil Pinta Pemuda Sebarkan Semangat Toleransi dan Cinta Tanah Air

Nasional

Kapolri Listyo Sigit Prabowo Mutasi Kapolres Se-Jabodetabek

Nasional

Harry Azhar Azis, Anggota BPK RI dan Kader Partai Golkar Tutup Usia

Nasional

Mantan Kanwil BPN DKI Jakarta Merasa Dirugikan Gegara Permen ATR/BPN 11/2016

Nasional

Ini Dia Alasan PPKM Level 3 Batal Diterapkan di Seluruh Indonesia Saat Nataru