Home / Bekasi Raya

Senin, 16 Januari 2023 - 14:59 WIB

Terancam Banjir, Warga Perumahan Mutiara Gading Timur Tutup Saluran Air

Sejumlah warga perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) Kelurahan Mustika Jaya, Kota Bekasi, sedang melakukan penutupan sebagian saluran air yang melintas di tengah-tengah tempat tinggal mereka, Minggu (15/01/2023).

Sejumlah warga perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) Kelurahan Mustika Jaya, Kota Bekasi, sedang melakukan penutupan sebagian saluran air yang melintas di tengah-tengah tempat tinggal mereka, Minggu (15/01/2023).

KOTA BEKASI – Terancam banjir, ratusan warga yang mewakili sekira 5.000 jiwa di perumahan Mutiara Gading Timur (MGT) Kelurahan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Minggu (15/01/2023) kembali melakukan penutupan sebagian saluran air yang melintas di tengah-tengah tempat tinggal mereka.

Aksi tersebut dilakukan karena batu yang sebelumnya ditaruh di saluran air ini dicuri dan dirusak kawat bronjong penahan tumpukan batu di saluran tersebut.

Ketua Rw 029 Kelurahan Mustika Jaya, Rusdi M Yusuf saat ditemui di tengah kegiatan itu mengatakan bahwa penutupan sebagian saluran air yang melintas di Perumahan (MGT) sebagai tindak lanjut aksi warga yang dilakukan pada 26 November 2021 lalu.

“Batu yang ditaruh di saluran air yang mengarah ke Rw 029 dicuri dengan menggunting bronjongnya, sehingga batunya banyak yang hilang. Akibatnya, air mengalir deras seperti semula sebelum dipasang bronjong dan untuk menghambat aliran air ini kita pasang kembali batu kali tersebut,” jelasnya.

Selain itu lanjut Rusdi, warga juga melakukan pembersihan sampah-sampah yang ada di saluran sepanjang sekitar 50 meter dan berhasil mengangkat sampah dari saluran sebanyak satu baktor.

”Pembersihan sampah disaluran ini atas saran Kasi Ekbang Kelurahan Mustika Jaya, Rama,” katanya.

Baca Juga:  377 Guru Tenaga Kontrak di Kota Bekasi Lulus Seleksi PPPK

Pada kesempatan tersebut, Rusdi meminta pihak ISPI yang merupakan pihak pengembang perumahan MGT agar mau membuka saluran air yang menuju ke arah Colombus Mansion, saluran tersebut kini kondisinya masih tertutup.

Saat ini bila hujan deras turun, kata dia, aliran air dari sejumlah perumahan seperti Perumahan Kodam, Permata dan Villa Asri masuk deras ke wilayah kami yakni Rw 029.

“Di awal seharusnya aliran air dibagi dua. Sebagian air dialirkan ke kiri menuju Colombus Mansion, tetapi sekarang air hanya menuju ke arah kanan yang mengakibatkan warga kebanjiran,” katanya.

Sementara itu terpisah, salah seorang tokoh masyarakat setempat Firdaus Raja Intan mengatakan bahwa dicurinya batu kali di saluran tersebut membuat warga terdampak banjir marah.

Baca Juga:  Bansos Kambing DKPPP Kota Bekasi Habiskan Rp6,6M, Ketua Komisi II: Pengadaan dan Data Penerima Riil atau Fiktif?

Namun pengurus Rw 029, kata dia, masih mampu meredam kemarahan warga, lalu kita berusaha merapikan kembali batu kali ini.

“Sebagai warga, saya berharap pemerintah dalam hal ini Pemkot Bekasi turun tangan mengatasi saluran tersebut, dengan mengintruksikan pihak ISPI untuk membuat saluran air yang menuju ke arah Colombus Mansion, sehingga debit air bisa terbagi dua. Dengan demikian, resiko banjir bisa dikurangi,” jelas Firdaus memngakhiri. (nes)

Share :

Baca Juga

Bekasi Raya

Geruduk Proyek Pembangunan Gedung D DPRD Kota Bekasi, LSM GMBI Temukan Banyak Pelanggaran

Bekasi Raya

Kasus Mark-Up Anggaran Buldoser TA 2019 Mandek di Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi?

Bekasi Raya

Alamak…, Oknum Guru SDN Jatirasa III Kota Bekasi Diduga Lecehkan Anak Muridnya

Bekasi Raya

Formabes Desak Dewas PDAM Tirta Bhagasasi Pecat Usep

Bekasi Raya

Kepada Camat dan Lurah, Mas Tri: Pastikan Warga Kota Bekasi Tidak Ada Yang Kelaparan

Bekasi Raya

Tren Covid-19 Turun, MUI Kota Bekasi Belum Rapatkan Saf Sholat

Bekasi Raya

Persipasi Siap Berlaga di Liga 3 Musim 2022/2023, Mas Tri: Optimis Lolos ke Liga 2

Bekasi Raya

Rintik Hujan Iringi CFD Perdana di Tengah Pandemi, Warga Tetap Antusias