Home / Politik

Kamis, 19 Januari 2023 - 07:27 WIB

Kang Emil Singgung Fungsi Partai Politik, Mulai dari Kekuasaan hingga Pelayanan Publik

Momen Gubernur Jabar Ridwan Kamil (keempat dari kiri) semringah saat menerima KTA Partai Golkar dari Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga dari kiri) di kantor DPP Partai Golkar, Kemanggisan, Palmerah, Jakbar, Rabu (18/01/2023).

Momen Gubernur Jabar Ridwan Kamil (keempat dari kiri) semringah saat menerima KTA Partai Golkar dari Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga dari kiri) di kantor DPP Partai Golkar, Kemanggisan, Palmerah, Jakbar, Rabu (18/01/2023).

Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil menyinggung fungsi partai politik (parpol) usai resmi menjadi kader beringin alias Partai Golkar.

Gubernur Jawa Barat ini menyebut, parpol tak sekadar sarana untuk meraih kekuasaan. Tetapi, juga berfungsi untuk menjadi muara edukasi masyarakat dan pelayanan publik.

“Bahwa partai politik itu fungsinya tiga, tapi sering kali kita hanya melihat satu fungsinya. Fungsi pertama itu adalah memenangkan kekuasaan, mayoritas kita ada disitu, pemilu, pilkada, pilpres dan lain sebagainya. Padahal ada dua fungsi lain,” kata Ridwan Kamil di kantor DPP Partai Golkar, Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (18/01/2023).

Kang Emil menjelaskan, fungsi parpol untuk mengedukasi masyarakat tak boleh dilupakan. Menurut dia, fungsi itu sudah dilakukan Partai Golkar melalui Golkar Institute.

“Kita butuh generasi barunya lebih melek lebih bagus, argumentasi dan lain sebagainya. Jadi fungsi parpol, nanti disini (Partai Golkar) saya akan memperkuat juga pendidikan politik ke masyarakat,” ujarnya.

“Politik itu mulia, politik itu adalah kendaraan untuk membuat hidup kita lebih baik. Anda kesal (soal) kesehatan, ya masuk politik supaya biar urusin soal kesehatan. Anda kesal urusan pendidikan, keadilan, keberagaman ya masuk politik karena disitulah kita bisa mengurusnya,” lanjut Kang Emil.

Kemudian, fungsi ketiga parpol yakni pelayanan publik. Sebab, ujar Kang Emil, parpol harus mengoptimalkan perannya dalam melayani publik.

Baca Juga:  275 Anggota Bawaslu Dicatut Namanya Jadi Kader Parpol Peserta Pemilu 2024

Sebagaimana yang dilakukan Partai Golkar dengan menggagas Yellow Clinic untuk memberi pelayanan bagi masyarakat.

Baca Juga:  Ini Dia Tiga Rancangan Daerah Pemilihan di Kota Bekasi dalam Pemilu 2024

“Jadi jangan partai itu hadir menjelang pemilu saja, sebenarnya Yellow Clinic ini keren, enggak nunggu pemilu sudah hadir. Kita akan memperbanyak itu,” kata tutup Kang Emil.

Share :

Baca Juga

Politik

Penjabat Kepala Daerah Rawan Jadi Agen Partai Politik di Pemilu 2024

Politik

Sosok Capres PDI Perjuangan Tidak Harus dari Trah Soekarno

Bekasi Raya

Arisan ala Sahabat Nuryadi Darmawan (SND), Kuatkan Silaturahmi dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Politik

Ketua DPRD Kota Bekasi: Tanpa Peran Media Massa, Masyarakat Tidak Tahu Produk Perundangan

Politik

Refleksi Usia Emas PPP, Enggan Tergusur dari Senayan pada Pemilu 2024

Politik

Jelang Pilpres 2024, Uu Ruzhanul Ulum: PPP Jangan Sampai Salah Dukung

Politik

Besok DPRD Kota Bekasi Gelar Paripurna Penetapan Ketua Definitif

Politik

Usai Balikin Rp200 Juta ke KPK, Politisi PKS ini Dicopot dari Ketua DPRD Kota Bekasi