Sekda Junaedi: Regulasi dan Pelaksanaan PPDB Kota Bekasi 2024 Jangan Membebani Masyarakat

- Jurnalis

Senin, 6 Mei 2024 - 12:13 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tahapan Pelaksanaan PPDB 2024 Kota Bekasi.

Tahapan Pelaksanaan PPDB 2024 Kota Bekasi.

KOTA BEKASI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bekasi Junaedi mengimbau kepada Dinas Pendidikan (Disdik) agar tidak membebani masyarakat dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 mendatang di Kota Bekasi.

Baca Juga:  Empat Kali Gagal, Akhirnya BMPS Beraudensi dengan Pj Wali Kota Bahas Pelaksanaan PPDB

Hal itu dipinta Junaedi agar tidak terjadi kekisruhan di kemudian hari dalam pelaksanaan penerimaan siswa sekolah baru tersebut.

“PPDB itu urusan Disdik, Ya nanti silahkan nanti di Disdik aja. Seperti apa. Saya rasa, tentu jangan jadi beban bagi masyarakat,” ucap Sekda Kota Bekasi Junaedi saat ditemui RakyatBekasi.com selepas pelaksanaan Apel Pagi di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Senin (06/05/2024).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penyelenggaraan PPDB, kata dia, tentunya harus berjalan dengan lancar dan masih. Sekaligus, Junaedi menyarankan apabila regulasi pelaksanaan PPDB pada tahun sebelumnya dinilai baik, maka tolong dilanjutkan. Namun bila tidak baik, mohon kiranya dijadikan evaluasi agar payung hukum PPDB 2024 nanti lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Catatan Kelam Hari Pendidikan Nasional 2024, Kota Bekasi Masih Kekurangan 2.400 Guru

“Tentunya (saya mengharapkan) yang terbaik untuk masyarakat Kota Bekasi, khususnya seperti aturan yang lama, kalau misalkan hasilnya baik lakukan saja seperti itu,” paparnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi telah menjadwalkan pelaksanaan Pra Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Bekasi tahun 2024 pada pertengahan Bulan Mei 2024.

Saat ini, Disdik Kota Bekasi masih tengah mengupayakan sosialisasi pelaksanaan PPDB 2024 kepada seluruh stakeholder terkait.

“Tahapan PPDB terkini di Kota Bekasi, kita sekarang sedang berupaya untuk melakukan sosialisasi. Perwal (pelaksanaannya) sudah ditandatangani Pak Pj Wali Kota. Kita sosialisasi sampai tahap pendaftaran. Pra pendaftaran insyaAllah akan dimulai 20 Mei, nanti ada rundownnya yang berisi tahapan pelaksanaan secara rinci,” ucap Sekretaris Disdik Kota Bekasi Warsim Suryana saat dihubungi RakyatBekasi.com melalui sambungan telepon, Kamis (02/05/2024) sore.

Baca Juga:  Siapkan Sarpras dan Guru, Pemkot Bekasi Masifkan Program Merdeka Belajar

Mengenai pelaksanaan PPDB di Kota Bekasi, kata Warsim, tentunya juga sudah dibuatkan Peraturan Wali Kota Bekasi sebagai payung hukum yang juga telah disepakati oleh BMPS Kota Bekasi.

“Terkait pelaksanaan PPDB, Perwal dan lain sebagainya, sudah dibahas saat BMPS beraudensi dengan Pj Wali Kota Bekasi dan Dinas Pendidikan pada Selasa (30/04) lalu,” jelasnya.

Sementara itu terpisah, Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad menegaskan agar Disdik melakukan simulasi teknis pelaksanaan PPDB 2024 dengan benar.

“Kita sudah bertemu BMPS kemarin, kita tolong simulasikan. Saya sudah perintahkan Kadisdik beserta BMPS untuk mensimulasikan konsepsi yang bisa menjawab permasalahan,” ucap Gani tegas saat ditemui RakyatBekasi di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, selepas Pemkot Bekasi memperingati Hari Pendidikan Nasional 2024, Kamis (02/05/2024) pagi.

Baca Juga:  PPDB Online Sistem Zonasi, Pemerataan Akses Sekolah Negeri Berbuah Praktek Manipulasi Data

Simulasi tersebut dirasa sangat perlu, kata Pj Gani, sebagai bentuk dan upaya agar tidak terjadi kendala sewaktu-waktu ketika sudah masuk pelaksanaan pendaftaran PPDB.

“Karena secara teknis di BMPS dan Disdik yang tahu, tetapi bagaimana kebijakan yang akan dikeluarkan itu bisa menyelesaikan masalah,” tandasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Laporan Juknis Dinas Pendidikan Kota Bekasi yang diterima RakyatBekasi.com, tahapan sosialisasi PPDB 2024 akan digelar dari tanggal 12 Februari hingga 20 Juni 2024. Sedangkan, tahapan Pra Pendaftaran PPDB 2024 akan dibuka pada tanggal 20 Mei 2024 hingga 20 Juni 2024.

Visited 25 times, 1 visit(s) today

Berita Terkait

Usai Polisi Gerebek Arena Sabung Ayam, Camat Jatiasih Bakal Perketat Pengawasan Wilayah
Polda Metro Jaya Gerebek Arena Sabung Ayam di Jatiasih, Pj Gani Soroti Pengawasan Wilayah
Gerebek Arena Sabung Ayam di Jatiasih, Ditreskrimum Polda Metro Jaya Amankan 70 Orang
Sampaikan Arahan Pj Gani, Plh Kadisdik Kumpulkan Kepsek SMP Negeri Malam-malam
Kerahkan Camat dan Lurah, Pj Wali Kota Bekasi Jamin Tidak Ada Anak Putus Sekolah
Masuk Triwulan III 2024, Capaian Penerimaan PAD Kota Bekasi Tembus 51 Persen
9.962 Siswa Belum Sekolah, ‘For Gani’ Geruduk Pemkot Bekasi
Pungli PPDB di SMKN 8 Kota Bekasi dilegalkan Pihak Sekolah? Ini Modusnya

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 14:27 WIB

Usai Polisi Gerebek Arena Sabung Ayam, Camat Jatiasih Bakal Perketat Pengawasan Wilayah

Senin, 22 Juli 2024 - 14:22 WIB

Polda Metro Jaya Gerebek Arena Sabung Ayam di Jatiasih, Pj Gani Soroti Pengawasan Wilayah

Senin, 22 Juli 2024 - 14:18 WIB

Gerebek Arena Sabung Ayam di Jatiasih, Ditreskrimum Polda Metro Jaya Amankan 70 Orang

Senin, 22 Juli 2024 - 12:20 WIB

Sampaikan Arahan Pj Gani, Plh Kadisdik Kumpulkan Kepsek SMP Negeri Malam-malam

Minggu, 21 Juli 2024 - 17:20 WIB

Kerahkan Camat dan Lurah, Pj Wali Kota Bekasi Jamin Tidak Ada Anak Putus Sekolah

Berita Terbaru