Oleh: Yusuf Blegur
Sebagai generasi yang lahir di tahun 70-an, sejak anak-anak sudah akrab dengan buku bacaan maupun dongeng tentang fabel. Cerita yang mengisahkan aneka perilaku dalam kehidupan dunia binatang.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Masa kecil penuh keceriaan dalam bermain dan sekolah kala itu, menyimpan keasyikan tersendiri ketika cerita dan dongeng memberi pelajaran dan nilai tersendiri.
Suguhan cerita baik tentang kumpulan binatang maupun kisah-kisah petualangan manusia atau legenda tertentu begitu kuat membekas hingga dewasa dan memasuki usia lanjut.
Begitu menarik dan berkesan karena bacaan cerita atau dongeng itu selalu menampilkan keragaman sifat dan karakter terutama yang ada pada dunia binatang.
Mungkin soal kepraktisan membuat budaya mendengar cerita dan dongeng dianggap tidak lagi efektif karena menyita waktu dan kalah oleh kesibukan yang lain.
Padahal perangkat audio visual begitu mudah dijangkau, bisa dari gawai yang berlimpah fitur media sosial atau dunia sinema yang kini semakin canggih dan akseptabel serta mudah dijangkau semua lapisan masyarakat.
Tapi sayangnya, semua kemudahan dan fasilitas itu semakin meninggalkan gaya bertutur maupun tutorial dari cerita dan dongeng anak-anak yang sejatinya mengandung hikmah berisi tentang makna hubungan dan interaksi sosial, penghayatan terhadap alam sekitar dan sesama mahkluk bernyawa serta banyak lagi pelajaran hidup lainnya.
Boleh jadi generasi sekarang memang tak bisa terhindarkan dari semacam adagium, bahwasanya tiap anak ada jamannya dan tiap jaman ada anaknya.
Atau mungkin saja telah terjadi pergeseran orientasi terhadap proses pendidikan anak. Terutama dari keluarga, lingkungan rumah dan sekolah, yang menempatkan kemampuan literasi dan belajar mengembangkan imajinasi sejak dini.
Melalui dunia penalaran dan eksplorasi fiksi, sudah tak relevan, tak penting dan tak dibutuhkan lagi. Malah telah dianggap usang dan kuno.
Sepertinya, situasi dan kondisi demikian itu melahirkan generasi sekarang menjadi terbiasa dengan yang praktis dan instan. Logika yang terbentuk banyak mengadosi kecenderungan serba kalkulasi dan hitung-hitungan.
Menjadi sangat pragmatis dan transaksional. Semua diukur dengan seberapa besar harga dan keuntungannya, bukan seberapa penting nilai atau valuenya.
Pada akhirnya cenderung menjadi generasi yang “profit oriented” semata dan anti sosial. Fenomena itu menyeruak ketika menjamurnya youtubers, tiktokers, gamers dll. di dunia internet.
Anak muda terus larut mengejar pundi-pundi ekonomi melalui tayangan mengejar viewer dan subscriber. Pergaulan sosial telah dibatasi dengan off line dan on line, demi efisiensi dan efektifitas waktu, jarak, tenaga dan tentu saja secara finansial.
Dualisme dan Fragmentasi
Tak terbantahkan, era berlimpahnya informasi juga menimbulkan banyak masalah mengalahkan manfaatnya. Seperti keberadaan manusia dan benda-benda atau seuatu lainnya yang memiliki dualisme.
Akselerasi teknologi informartika dan digitalisasi sangat dominan memengaruhi pola hidup masyarakat. Bahkan tidak kurang menjadi pola sekaligus instrumen strategis pada kehidupan rakyat, negara dan bangsa.
Apa yang kemudian disebut sebagai perangkat siber, juga ikut menjadi dasar dan relevan menentukan pengambilan kebijakan pemerintahan baik secara sosial politik, sosial budaya, sosial ekonomi maupun sosial hukum dan keamanan.
Penggunaan internet dan teknologi yang melekat di media sosial, sering menjadi bagian dari komunikasi massa, propaganda, tolok ukur dan sekaligus menjadi dasar menentukan keputusan-keputusan kekuasaan.
Hampir satu dekade, terutama di lima tahun terakhir ini. Wadah media sosial bukan hanya sekedar mengalami senyata-nyatanya dualisme. Secara empiris dan terus meningkat grafiknya, penggunaan internet khususnya media sosial terus mengalami distorsi.
Selain menyebarnya konten pornografi, peredaran narkoba, transaksi seks bebas dan kriminalitas secara online. Media sosial juga ikut terpapar virus degradasi sosial dan disintegrasi bangsa.
Selain menyalurkan hasrat permusuhan dan kebencian, agitasi hoax dan fitnah juga ikut bertumbuh-kembang semakin subur.
Media sosial khususnya dan pemberdayaan internet secara masif juga mengalami fragmentasi sosial. Dunia keberadaban dan kebiadaban bercampur dan sulit dipisahkan. Etika dan norma berjibaku dengan bermacam penghinaan, pelecehan dan penistaan.
Para buzzer, influencer dan haters tumpah-ruah menjadi pesakitan. Dunia binatang dalam cerita atau dongeng fabel dan dengan dinamika kemanusian berkumpul menjadi satu dalam ruang sosial publik.
Tak bisa dibedakan mana yang binatang dan mana yang manusia. Semua itu terlihat dari identifikasi dan penyebutannya. Ada Kodok atau Katak atau Kecebong, ada juga Kalelawar atau Kampret dan Kadal Gurun, serta semua istilah-istilah binatang yang tidak lagi tabu dan serba permisif dilekatkan pada manusia.
Kini, suasana kebangsaan Indonesia mengalami polarisasi yang cukup beresiko, berbahaya dan begitu memprihatinkan. Hanya lewat satu cuplikan tertentu di media sosial, realitas sosial terancam konflik horizontal dan konflik vertikal.
Budaya kesantunan dan budi pekerti adab ketimuran seketika berangsur-ansur menghilang. Ruang sosial publik terisi sesak dengan caci-maki dan hujatan.
Mirisnya, istilah-istilah binatang diarahkan untuk menghakimi sesama anak bangsa. Rasanya luka itu begitu dalam dan membekas tak mudah kembali pulih.
Persada Indonesia yang mulia dan luas ini hanya menjadi negara yang dipenuhi kebinatangan. Sementara kemanusiaan semakin sulit ditemukan dan begitu mahal untuk dimiliki.
Begitulah ketika cerita dan dongeng fabel dilakonkan manusia. Sulit mewujudkan kehidupan rakyat yang menginsyafi Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.
Jangankan untuk mewujudkan kemakmuran dan keadilan. Menghadirkan semangat kebangsaan dalam framing kebhinnekaan dan kemajemukan, sudah terseok-seok dan sering mengalami kebuntuan.
Kisah Kecebong, Kampret dan Kadal Gurun menjadi episode panjang dan tak berkesudahan. Republik kini kering spiritualitas, gersang moralnya dan mengalami kemarau kemanusiaan.
Bersamaan dengan itu kebinatangan rutin tampil di atas panggung-panggung sosial politik para pucuk dan alas akar rumput.